Senin, 27 Februari 2012

CATATAN AKHIR FEBRUARI

Salam Ukhuwah dariku untukmu saudara-saudaraku pengemban panji-panji dakwah .

Februari 2012 akan berakhir, saat ini kita akan berada di awal bulan Maret.
Saudaraku pengemban panji-panji dakwah, kita tidak mungkin lagi bertemu dengan waktu yang telah berlalu. Karena waktu yang telah berlalu tidak mungkin terulang kembali.

Namun apa yang telah di torehkan dalam catatan amal kita di bulan ini?
Cukup puaskah kita dengan apa yang telah di kerjakan selama ini?
Apakah pada hakikatnya peran kita selama ini telah membawa kita pada jalur yang benar atau setidaknya telah menempatkan kita di garis terdepan perjuangan. Bisa jadi kita hanya berada di garis belakang, yang hanya dapat menyaksikan dari kejauhan pergulatan dan perjuangan saudara-saudara kita dalam membangun peradaban umat. Atau bisa jadi kita berada di dalam barisan orang-orang yang hanya pandai berkomentar dengan Membuka peradilan jalanan yang hanya menghakimi dan menvonis setiap karya perjuangan yang akan terbangun.

Saudaraku, perjuangan belumlah usai..
Saudaraku, perjuangan belumlah menemui muaranya..
Saudaraku, perjuangan ini masih begitu panjang..

Jika diantara kita dalam perjalanan ini telah merasakan kelelahan, keletihan, kejenuhan, bahkan kekecewaan, mari saudaraku kita beristighfar memohonkan ampunan kepada Allah yang tak pernah putus-putusnya atas segala KHILAF, MALAS,LALAI dalam mengabdi kepadaNya...

"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas." (QS. Al-Kahfi/ 18 : 28)

Saudaraku tetap teruslah bersabar dalam perjuangan ini, kalaulah orang-orang kafir dengan membawa panji-panji kebathilan dalam pejuangan mereka dan hanya mengharap kesenangan dunia fana mampu bertahan, lantas apa yang mudah membuat kita lemah dan berputus asa? Bukankah telah jelas pula risalah yang kita bawa dapat berbuah dua kebaikan, kebaikan di dunia dan Syurga di akhirat.

Saudaraku..
Islam tidak pernah kehabisan dalam mencetak generai -generasi terbaik sebagai penolong agama Allah di setiap zamannya, sebagai pengukir lembaran sejarah peradaban manusia yang akan senantiasa dikenang peran serta kontribusi aktif meraka sepanjang masa.
Tentunya kita masih teringat aka peristiwa perang Badar, dengan membawa 300 prajurit, pasukan muslim dengan dipimpin langsung oleh Rasulullah saw dapat memukul mundur tentara Quraisy yang jumlahnya mencapai 1300 pasukan dengan altileri lengkap.

Atau mungkin sudah lupakah kita akan peristiwa Yarmuk 26 Agustus 636 M lalu?
Hanya dengan 39000 prajurit, pasukan muslim yang gagah berani dengan keyakinan penuh akan pertolongan Allah berhasil menghancurkan dan memukul mundur pasukan romawi yang berkekuatan 240000 pasukan.

Akhirnya hadir sebuah pertanyaan sederhana namun kritis dan konstruktif, apakah kita yang berada di zaman ini merupakan bagian dari salah satu generasi terbaik yang Islam miliki pada saat ini?

probosutejo

0 komentar:

Posting Komentar